Jumat, 08 Juli 2011

PRABU SILIWANGI DALAM UGA WANGSIT SILIWANGI

Ada hal yang menarik pada saat perjalanan ke Gunung Tampomas beberapa waktu lalu. Secara kebetulan, penulis naik ke Puncak Tampomas melalui jalur Narimbang. Sebuah desa di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Kebetulan saat itu, penulis “sindang” ke rumah Bapak Kasmad, Juru Kunci Gunung Tampomas. Sambil panca kaki, penulis berbincang mengenai situs yang ada di Puncak Tampomas. Secara meyakinkan, Pak Kasmad bercerita bahwa yang berada di Puncak Tampomas adalah patilasan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang sangat terkenal.



Sejenak penulis terkaget-kaget, karena banyak sekali versi mengenai Prabu Siliwangi yang beredar di tatanan sejarah tradisional masyarakat Sunda. Lalu bagaimana ceritanya sampai Prabu Siliwangi juga bisa berada di Situs Tampomas. Luar biasanya lagi, Pak Kuncen memperlihatkan sebuah naskah ketikan mengenai “Uga Wangsit Prabu Siliwangi”. Isinya kurang lebih sama dengan Uga yang beredar di masyarakat. Mungkin inilah salah satu bukti dari tulisan Aan Merdeka Permana dalam Masyarakat Tradisional Tak Tertarik Buku Sejarah yang dimuat di Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Cetak – Sabtu 27 Maret 2007.
Penulis sama sekali tidak bermaksud mempermasalahkan keberadaan Prabu Siliwangi di Puncak Tampomas. Hanya saja ada sedikit pemikiran mengenai tokoh terkenal masyarakat Sunda ini. Terutama berkaitan dengan siapa sebenarnya Prabu Siliwangi yang disinggung dalam Wangsit Prabu Siliwangi yang beredar di masyarakat.
Bahwa benar saya bukan dari kalangan sejarawan dan bukan pula seorang peneliti. Namun dari sumber yang saya ketahui, tokoh Prabu Siliwangi yang ada dalam Wangsit lebih cenderung menyaran pada Prabu Ragamulya atau Prabu Suryakencana Raja Pajajaran terakhir.
Berikut adalah salah satu kutipan dari uga tersebut:
Saur Prabu Siliwangi kabalad Pajajaran anu milu mundur dina sateuacana ngahiang :
Lalakon urang ngan nepi kapoe ieu, najan dina kabehan kangaing pada satia! Tapi ngaing henteu meunang mawa dia pipilueun, ngilu hirup jadi balangsak, ngilu rudin bari lapar
Dia mudu marilih, pikeun hirup kahareupna, supaya engke jagana jembar senang mukti, bisa ngadegkeun deui Pajajaran.
Lain Pajajaran nu kiwari, tapi pajajaran anu anyar, nu ngadegna digeuingkeun kobah jaman.
Pilih! Ngaing moal ngahalang-halang. Sabab pikeun ngain henteu ngaing henteu pantes jadi raja, amun somah sakabehna, lapar bae jeung balangsak.
Darengekeun!
Nu dek tetep ngilu jeung ngaing, geura misah kebeulah kidul anu hayang balik deui kadayeuh nu ditinggalkeun geura misah kabeulah kaler. Anu dek kumawula kanu keur jaya, geura misah kabeulah wetan. Anu moal milu kasaha saha, geura misah kabeulah kulon.
Latar dari uga di atas, bila menyaran pada keadaan pada era Sri Baduga Maharaja rasanya kurang memungkinkan. Dasarnya bahwa pada saat Sri Baduga memerintah ataupun menjelang moksa, kondisi Pajajaran sedang dalam “Puncak Keemasan”. Pun, ibu kota Pajajaran tidak dalam keadaan kosong atau ditinggalkan. Masyarakat hidup makmur, aturan, dan tata tertib juga dibuat untuk menjamin kemakmuran tersebut.
Sumber CP menyebutkan:
Purbatisi purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit. Suka kreta tang lor kidul kulon wetan kena kreta rasa. Tan kreta ja lakibi dina urang reya, ja loba di sanghiyang siksa" (disebabkan melaksanakan pemerintahan yang berdasarkan purbatisti purbajati, tidak pernah kedatangan musuh kuat atau musuh halus. Tentram disebelah utara, selatan, barat dan timur)
Atau simak pula pantun berikut Tentang kesuburan Pajajaran pada masa Sri Baduga dilantunkan Ki Baju Rombeng seorang Juru Pantun dari Bogor Selatan, yang hidup pada awal ke 20 menuturkan :
Talang tulung keur Pajajaran / jaman aya keneh kuwarabekti / jaman guru bumi di pusti-pusti / jaman leuit tangtu eusina metu / euweuh nu tani mudu ngijon / euweuh nu tani nandonkeun karang / euweuh nu tan paeh ku jengkel / euweuh nu tani modar ku lapar.

Lain halnya dengan situasi saat Prabu Suryakencana memerintah. Kondisi Pajajaran sedang dalam fase menjelang keruntuhan. Buku Rintisan Penelusuran Masa Silam, Sejarah Jawa Barat(RPMSSJB) menyebutkan bahwa saat Pasukan Banten menembus ibu kota Pajajaran, ibu kota sudah dalam keadaan ditinggalkan oleh para pembesarnya selama kurang lebih dua belas tahun.
Kepemilikan gelar Prabu Siliwangi sampai saat ini, memang masih pro kontra. Menyoal siapa yang paling pas untuk gelaran ini, rasanya masyarakat Sunda dipersilahkan untuk memilih tokoh yang paling sesuai. Mari kita anggap perbedaan pendapat sebagai ciri keanekaragaman sebagaimana telah dicontohkan oleh para karuhun kita. Sepanjang perbedaan itu untuk SILIH WANGI, (silih seungitan)
yang terjemahan bebasnya adalah saling mengharumkan satu sama lain, tentunya. CAG….

7 komentar:

  1. Tah Jang Deni ti Uyut

    :: LEBAK CAWENE MENGGEGARKAN DUNIA
    ║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║♥║

    ♥ LEBAK
    :: LeBAK LeBIK LeBUK LeBEK LeBOK LeBeK LeBeuK dst.
    Memberikan makna DAERAH YANG SANGAT SUBUR MAKMUR.

    ♥ CAWENE
    :: CaWAN CaWiN CaWUN CaWEN CaWON CaWeN CaWeuN dst.
    Memberikan makna TEMPAT YANG BERBENTUK CEKUNG.

    ♥ Lebak Cawene adalah SEBUAH WILAYAH YANG BERBENTUK
    CEKUNG, KARENA WILAYAH TERSEBUT DIKELILINGI OLEH
    GUNUNG DAN WILAYAH TERSEBUT SANGAT SUBUR.

    Mengamati data geologi ternyata HANYA SATU~SATUNYA DI DUNIA YAITU DI CEKUNGAN BANDUNG (Bandung dilingkung gunung).

    BANDUNG tidak banyak diceritakan.
    BANDUNG disembunyikan oleh berbagai macam kepentingan,
    tapi BANDUNG akan mengungkap banyak cerita.

    Bandung sebenarnya SEBAGAI IBUKOTA DUNIA.
    Bandung sebagai SURALAYA PUSAT PARAHYANGAN.
    Bandung sebagai Sunda Pura dgn keraton Sri Bima Punta Narayana Madura Suradipati.
    Bandung sebagai pusat kedudukan Para Khalifah & Maha Raja Pemimpin Seluas Bumi.
    Bandung sebagai PUSAT PEMERINTAHAN RATU ADIL
    (Bani Israil & Yahudi sangat menjaga rahasia ini karena mereka ingin merebut & menguasainya)

    Batas Keraton Sri Bima Punta Narayana Madura Suradipati, yaitu:
    Batas Utara yaitu JALAN SILIWANGI
    Batas Barat yaitu SUNGAI CIKAPUNDUNG
    Batas Selatan yaitu REL KERETA API
    Batas Barat yatu JALAN DAGO.

    Bagian Selatan dari Wilayah Keraton adalah KEBUN RAJA.
    Bagian Utara Barat dari Wilayah Keraton adalah KEBUN BINATANG, MERUPAKAN TAMAN SARI.
    Pusat Keraton adalah DI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.

    INILAH SATU~SATUNYA TEMPAT TERPENTING DI DUNIA, karena tempat ini sebagai Pusat Pemerintahan Khalifatulfilard
    sejak jaman Nabi Adam hingga Para Maha Raja yang memiliki cakupan seluas Bumi.
    Dalam waktu dekat akan muncul di Bandung “Manusia Sakti” yang diberi gelar Sang Heru Cakra atau Ratu Adil yang akan memimpin wilayah Bumi.

    Sebaiknya konfirmasikan kepada Tuhan Sang Maha Kuasa, agar anda meyakininya berkat petunjuk dan hidayahnya.

    JIKA ANDA MERASA KAGET, SAYAPUN ADALAH ORANG YANG LEBIH DULU MERASA KAGET.

    Bandung, 12/12/12
    Terima kasih
    Embah Jambrong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jero kang, Peryogi emutan nu caang sareng wijaksana ngahartoskeunna. Hatur Nuhun, Salam Pangwanoh.

      Hapus
    2. Muhun di Lebak Cawane tos aya jalma sakti mandra guna, si budak angon nu ngawangun rahayat, lain ngan negri ieu hungkul tapi sakum dunya. Tapi manehna loba panggih jeung jalma2 takabur, tos waktosna urang sadaya ngahiji saling asah-asih-asuh, sami2 narindak (mun basa ayeuna mah: aksi, action, sanes omdo & cicing wae.... )

      s_a_MZ

      Hapus
  2. Sae Pisan kang,nambih wawasan haturnuhun.

    Kami ti Lembur

    BalasHapus
  3. Hatur nuhun, parantos ngersakeun. Mung rada hanjelu anonim. Satadi na mah hoyong aya rencang..

    BalasHapus